enterovirus mematikan 21 korban di cina merambah ke singapura

 

Liputan6.com, Beijing: Korban yang jatuh akibat serangan enterovirus 71 di Cina, terus meningkat. Kantor berita resmi Cina, Xinhua, melaporkan sejauh ini penyakit yang mematikan tangan, kaki, dan mulut itu telah menyerang sekitar 16 ribu orang. Virus ini tersebar dari Provinsi Hainan yang berada di selatan hingga Jilin di wilayah timur laut dan Yunan di barat daya negara itu. Sebanyak 28 orang di antaranya tewas, sebagian besar adalah anak-anak [baca: Enterovirus Renggut 21 Jiwa di Cina].

Begitu cepatnya penyakit ini menular sehingga memaksa pemerintah Cina menerapkan sistem baru pelaporan kasus penyakit itu. Sejauh ini pemerintah Cina telah menghukum 10 orang karena gagal menangani kasus tersebut dengan baik di Provinsi Anhui. Baik pemerintah Cina maupun perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di negeri itu meyakini jumlah kasus ini akan meningkat seiring dengan diterapkannya aturan baru yang lebih ketat tersebut.

Di samping itu, suhu udara yang diperkirakan lebih hangat pada bulan Juni dan Juli mendatang memungkinkan virus berkembang biak lebih pesat. Walau demikian, pemerintah optimistis penyakit ini tidak akan memengaruhi jalannya ajang Olimpiade yang dimulai pada 8 Agustus nanti.

Selain Cina, penyakit ini ditemukan di Malaysia, Vietnam, dan Singapura. Namun tidak ada korban tewas dalam kasus yang terjadi pada tahun ini. Varian virus penyakit ini ditemukan pula di Thailand. Sedangkan di Taiwan, dua orang tewas dan 62 lainnya dirawat pada tahun ini.(ANS)

 

sumber : liputan 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: